Bersiap Sekolah Asrama

Standar

Sebentar lagi (h-12), aku bakal menangis bombai nih. Anak keduaku. Ario mulai masuk asrama dan menjadi murid SMU yang tinggal di asrama. Yang ibu seperti aku, pasti bisa membayangkan bagaimana sedihnya berpisah dengan anak. Selama ini Ario tidak pernah bepergian jauh dari aku, pernah juga acara pesantren sekolah yang tidak lebih lama dari 3 hari.
Tapi ini sudah menjadi keputusan suami dan aku. Kami sudah banyak mencari referensi, menganalisa, menimbang-nimbang dan terutama berdoa untuk mendapat pencerahan. Beginilah hasil akhirnya, kami mantap menyekolahkan Ario di sekolah asrama.
Kalau sudah mantap, artinya aku tidak bimbang ragu, galau dan sedih berkepanjangan bukan? (pertanyaan retorika untuk menguatkan hati). Tentu tidak, Insya Allah.
Walaupun banyak yang tidak sepaham ataupun tidak mengerti keputusan kami tersebut, kami tetap berusaha menjelaskan sebisanya. Tidak enak juga, kalau dikatakan tega menjauhkan anak atau  gak sayang dengan anak, pendidik utama anak kan orang tua bukan guru/sekolah.
Padahal justru kami melakukan ini karena kami sayang padanya dan menyiapkan bekalnya untuk masuk hutan rimba kehidupan. Apalagi mengingat Ario seorang anak laki-laki, yang nantinya akan memikul tanggung jawab yang berat.
Yaaaaah begitulah, aku masih menata dan menguatkan hatiku. Akumencamkan kata-kata pak kepala sekolah, seringkali yang membuat anak galau dan tidak betah tinggal di asrama, karena orang tua terutama ibunya selalu memikirkan dan sedih berkepanjangan akibat berpisah dengan anaknya. Hubungan batin yang kuat antara seorang ibu dan anaknya, membuat apa yang dirasakan si ibu akan terasa juga di anak.
So….aku harus bersiap……12 hari lagi tidak akan lama, aku akan memberi semangat kepada anakku dalam menghadapi fase baru di kehidupannya sebagai pelajar SMU dan tidak selalu didampingi orangtuanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s