Negara Tetangga

Standar

Entah bagaimana aku jadi sering berkunjung ke negara tetangga Singapura. Kalau boleh memilih, aku lebih senang diminta ke negara lain atau daerah lain di Indonesia daripada berulang-ulang mengunjungi negeri tersebut. Ada saja kondisi yang mengharuskan aku pergi mulai dari training, seminar, konferensi, mengantar teman, menengok orang, pertemuan, mewakili teman di acara.

Berpuluh tahun yang lalu, pertama kali pergi ke Singapura, aku sangat excited. Kemudian pergi kembali dengan gaji sendiri, tanpa orangtua ikut, baru ada `MRT`, aku excited juga, senang berputar-putar  dengan MRT walaupun jalur masih terbatas dibanding sekarang. Setelah itu, aku merasa sudah cukup berkunjung kesana dengan alasan yang sangat personal. Bagi aku yang sangat suka pemadangan alam yang alami, kebudayaan yang asli, Singapura bukan tempat yang pas untuk itu. Pemandangan alam di negara kita sendiri sangat jauh mempesona dan memikat, asli pula tidak dibuat  dan juga banyaaaaak. Kebudayaan Indonesia, juara deh keragaman dan keindahannya.

Aku paham teman-teman yang sangat senang berkunjung ke negara tersebut, surga bagi para shoppers,  penggemar clubbing, penggemar pertunjukan musik, penggemar F1, service premium untuk berobat. Aku juga kagum dengan kebersihan, keteraturan transpotasi, kedisiplinan waktu, hiburan dengan teknologi tinggi disana dan konsep mereka untuk menjadikan kota didalam taman. Namun kekagumanku itu tidak mendorong aku untuk terus menerus berkunjung, cukup seperlunya saja.

Walaupun tidak berminat berkunjung lagi, ternyata tetap saja aku berkunjung antara lain untuk menemani anakku ke Universal Studio. Namanya anak (pastinya anakku), sangat menggemari aneka ‘theme park’, kalau perlu berulang-ulang kesana. Sekalian saja aku ajak berkunjung ke Science Centre yang lebih bagus dibanding Musium Iptek di TMII dan di sebelahnya ada Snow World (tidak ada sejenis ini di Indonesia). Aku juga mengajak anakku ke kebun binatang, taman burung, sea/underwater world. Menurut anakku untuk ketiga tempat tersebut, Singapura masih kalah dibanding yang di negara kita. Sudah sepatutnya kalau Indonesia lebih bagus untuk koleksi yang berkaitan dengan alam karena negara kita memang mempunyai keanegaraman hayati yang sangat banyak.

Yaaa begitulah kesanku tentang negara tetangga, memang banyak yang bisa dikagumi tapi negara sendiri jauh lebih mengagumkan…… Viva Indonesia…..

Disini aku sertakan gambar-gambar selama aku berada disana…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s